7 Orang Gila di Dompu Paling Top Sepanjang Sejarah


ina-ndora

Ina La Ndora (Foto: FB Ina Ndora)

Kambali Dompu Mantoi – Orang Gila, yang dalam bahasa masyarakat Dompu disebut sebagai “Dou Ringu” merupakan fenomena yang ada sepanjang sejarah. Di Dompu sendiri, banyak orang gila yang menjadi terkenal bahkan legendaris. Berikut ini MaDA me-review-nya untuk anda. Jika ada yang salah mohon dimaafkan. Jika ada yang kurang mohon ditambahkan (kolom komentar  terbuka lebar. Cuma modal e-mail). Nomor enam dan tujuh harus diwaspadai, karena masih berkeliaran sampai sekarang di tengah orang-orang waras.

1 Uma Tole

Wiro Sableng adalah tokoh pendekar sakti mandraguna yang berpetualang memberantas kejahatan. Namun sayangnya, dia ini sableng. Dalam terminologi orang Dompu sableng disebut “Soa”, yakni tingkat yang lebih rendah dari gila. Sikap Wiro aneh, nyeleneh, pokoknya suka melakukan hal-hal di luar kewajaran.

Trus apa hubungannya dengan Uma Tole?

Tidak ada. Tapi jika anda mengenal Wiro Sableng maka anda pasti akan mengenal Uma Tole. Bedanya, Uma Tole ini membawa embel-embel gelar sosial “Uma” di depan namanya.  Yang konon katanya gelar ini hanya dimiliki oleh keturunan para Raja Dompu atau para bangsawan.  Uma Tole MaDA perkirakan hidup sezaman dengan Sultan M. Sirajuddin Manuru Kupa.

.

2 Ince Ni

Jika Uma adalah gelar sosial bagi para bangsawan, maka Ince konon katanya pun merupakan sebuah gelar sosial. Menurut para ahlinya, Ince merupakan kata serapan dari bahasa Melayu “Encik” dan dianggap sebagai gelar sosial bagi masyarakat keturunan Melayu di Dompu.

Ince Ni merupakan salah satu orang gila terkenal di Dompu. Mengapa? Karena hidupnya dilalui dengan menelusuri jalan ke jalan. Hanya dengan jalan kaki. Luar biasa! Seorang saksi mata pernah mennyaksikan bahwa Ince Ni merampas kotak amal Masjid At-Taqwa Simpasai. Padahal kotak amal masjid lho. Maklum, dia orang gila.

.

3 Ina Ndora

Ndora adalah nama anak dari wanita tua nan kurus ini. Orang menyebutnya gila. Meski demikian ia masih bisa diajak berkomunikasi meskipun harus disertai banyak senyuman.  Ina Ndora 11 – 12 terkenalnya dengan Ince Ni, hanya saja beliau ini masih hidup sampai sekarang.

Ina Ndora masih berpetualang tak tentu arah. Maklum, dia orang gila.

.

4 La Bandi

Wanita tua ini lebih muda dari Ina Ndora. Kata “bela” adalah kata yang akrab dengan wanita ini. Yang akan langsung dipahami oleh siapapun orang Dompu tentang identitas genealogisnya. Ince Ni, Ina Ndora dan La bandi adalah orang gila paling terkenal dari yang lain. Mereka bertiga ibarat Trio Macan atau semacamnya bagi orang Dompu.

La Bandi  tidak pernah menutup auratnya, apa lagi taat pada seluruh Syariah Islam. Maklumlah orang gila.

.

5 La Gafur

La Gafur ini adalah orang gila muda pendatang baru yang sedang naik daun di Dompu. Hobinya selain “mengukur panjangnya jalan”, juga memberikan nomor buntut kepada siapa yang memintanya. Ya maklum orang gila, tak paham bahwa Syariah Islam mengharamkan judi. Na’uzhubillah, jadi yang gila si Gafur atau orang yang minta nomor togel?

Mohon maaf. Maaf………. sekali. Bagi anda yang pernah melakukannya, ayo dong kembali sehat.

.

6 Ompu La Selo (Ibnu Salul)

Nama lengkapnya adalah Abdullah bin Ubay bin Salul bin Bahlul, bapak Munafik se-dunia. Hidup di zaman Rasulullah SAW.  Dia ini konon muslim, tapi lebih sering membela non muslim.  Ia juga sering berkumpul dengan kalangan kafir itu. Semacam lembaga dialog antar agama lah katanya. Dia berlemah lembut dengan kafir dan keras dan memusuhi sesama muslim (terutama pengemban dakwah Syariah Islam).

Ompu La Selo sering berkoar-koar tinggal di ibukota Madinah. Menganggap tinggal di Madinah begitu prestisius dan yang tinggal di kampung tidak ada apa-apanya. Sering mengeluarkan pernyataan yang dia anggap hebat mengenai kondisi kekinian, padahal sering tidak nyambung. Banyak orang yang paham setelah berinteraksi dengannya bahwa dia itu sebenarnya jahil (bodoh). Dan banyak yang tidak sadar sebenarnya Ompu La Selo adalah orang gila, karena dia menolak Syariah Islam.

Akhir-akhir ini dia ternyata muncul kembali di facebook, masih dengan wajah yang sama. Dia bikin TS yang membela AHOK mati-matian dan mencela kaum muslim penentang Ahok. Padahal sebenarnya hanya orang gila yang bela Ahok. Ompu La Selo alias Ibnu Salul, maklumin saja. Namanya juga orang gila.

.

7 La Jeho

Nama lengkapnya adalah Abu Jahal bin Hisyam. Jahal artinya kebodohan. Abu Jahal berarti Bapak Kebodohan. Ia digelari demikian oleh Rasulullah SAW karena menjadi motor penentangan terhadap Syariah Islam. Sebab menurut Imam Hasan bin Ali bin Abi Thalib, lawan dari Syariah Islam adalah hukum Jahiliyah. Anti terhadap Syariah Islam berarti pro terhadap hukum Jahiliyah.

Alasan Abu Jahal menolak Islam adalah karena Islam mengancam posisinya sebagai Presiden Makkah. Dia adalah icon kalangan pro status quo dan menentang perubahan karena perubahan itu mengancam eksistensi dia dan kelompoknya. Jangankan berbicara Syariah Islam seperti jihad atau hukum potong tangan, menyebut Syariah Islam saja bibirnya kelu. Itulah La Jeho.

La Jeho selalu berkoar bahwa dia eksis lebih dulu dari yang lain. Dia itulah penduduk asli Makkah, yang lain hanyalah mahluk impor belaka. Maka mahluk impor tidak berhak mengkritik, merecoki, ataupun mengubah sistem kufur yang diterapkan di Makkah.

La Jeho setali tiga uang dengan Ompu La Selo, eksis di facebook. Dia pro AHOK dan meremehkan kaum muslim penentang Ahok. Bahkan dia meremehkan angka 2.000.000 (dua juta) muslim yang melakukan aksi 4 November 2016 membela. Katanya angka segitu belum apa-apa. Jangankan mendukung dari luar, apalagi mengikuti aksi 411, malah mecela. Padahal angka 2 juta ummat demo membela agamanya itu luar biasa, lho. Maklumin aja, namanya juga orang gila.

.

Bagaimana Dengan Kita?

Alhamdulillah. Sebagai orang waras, seharusnya kita paham bangsa ini terbelit problematika sistemik multidimensional. Oleh karena itu bangsa ini butuh solusi dan sebagai muslim, solusi apa lagi yang bisa kita dapatkan selain solusi dari Allah dan Rasul-Nya. Solusi Al-Quran dan As-Sunnah. Tak lain merupakan Syariah Islam. Nah, Syariah Islam mustahil diterapkan tanpa system Khilafah. Sehingga memperjuangkannya adalah kebutuhan dan kewajiban kita. Kambali Dompu Mantoi, Kambalipu Syariah ro Khilafah.

Bagi yang berniat ingin menentang, situ sehat? [Uma Seo]

rpa bima_2


Sumber foto: Facebook

Tentang Uma-Seo Makambali Dompu-Mantoi

Orang Dompu, tak tinggal di Dompu. Hanya orang biasa, tapi punya cita-cita
Pos ini dipublikasikan di Opini dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

6 Balasan ke 7 Orang Gila di Dompu Paling Top Sepanjang Sejarah

  1. ummu_umar berkata:

    Keren pak tulisannya. Sy pikir 2 nama terakhir beneran orang dompu.

  2. heru berkata:

    masih ada yg kurang. Hala Luwu, era 80an, pernah waktu sy msh kecil liat dia shalat d gubuk pinggir jalan, rakaat shalat gak habis-habis, maklum orang gila, tp kok banyak orang waras yg gak mau shalat, berarti waras belum tentu gak gila, xixixi,

  3. Nana berkata:

    Boneng, hasa mbiri nggak masuk artikel :v

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s