Suku-suku di Pulau Sumbawa


Peta-Lokasi_NTB_Kabupaten_Dompu.svg

Kambali Dompu Mantoi – Pulau Sumbawa terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Terletak di sebelah timur P. Bali dan P. Lombok serta sebelah barat P. Komodo, NTT.

Nama Pulau Sumbawa yang entah bagaimana ceritanya nama tersebut didaulat menjadi nama pulau yang didiami dua rumpun suku yang secara bahasa dan kultur berbeda satu sama lain. Nama pulau Sumbawa sebenarnya tidak memiliki akar historis dan akar kultural apapun sehingga bisa dipakai untuk merepresentasikan dua rumpun etnis / suku bangsa yang mendiaminya. Ini karena nama Pulau Sumbawa hanyalah sebuah nama pemberian penjajah Belanda.

Pada zaman dahulu, penduduk P. Sumbawa bagian barat menyebut tanah mereka sebagai Tana Samawa (Tanah Sumbawa) dan menyebut diri mereka sebagai Tau Samawa, penduduk bagian tengah P. Sumbawa menyebut tanah mereka Dana Dompu (Tanah Dompu) dan menyebut diri mereka sebagai Dou Dompu, sedangkan penduduk daerah timur P. Sumbawa menyebut tanah mereka sebagai Dana Mbojo (Tanah Bima) dan menyebut diri mereka sebagai Dou Mbojo.

Ada dua rumpun besar etnis yang mendiami Pulau Sumbawa:

  1. Etnis Mbojo-Dompu yang mendiami bagian tengah dan timur P. Sumbawa, terdiri atas Suku Bima (yang mendiami Kab. Bima, Kota Bima dan sebagian bermigrasi dan bertransmigrasi ke Dompu); Suku Donggo (yang merupakan penduduk asli Bima yang murni. Mendiami wilayah pegunungan Kab. Bima yakni di lereng G. Doro Salunga di sebelah barat Teluk Bima dan lereng G. Lambitu di sebelah tenggara Teluk Bima. Sebagian lagi telah bermigrasi dan bertransmigrasi ke Dompu); dan Suku Dompu (mendiami Kab. Dompu, terutama Kec. Dompu dan Kec. Hu’u). Selain itu ada jugas Suku Kore yang mendiami Kecamatan Sanggar di Kab. Bima.
  2. Etnis Samawa, yang mendiami bagian barat P. Sumbawa, terdiri atas Suku Samawa (mendiami Kab. Sumbawa, mereka hampir seluruhnya merupakan pendatang dari Bugis dan Gowa yang datang pasca letusan G. Tambora tahun 1815 dan telah mengalami asimilasi dengan penduduk dan budaya asli Suku Sumbawa) dan Suku Sumbawa Barat (yang mendiami Kab. Sumbawa Barat. Diyakini sebagai penduduk asli Sumbawa yang tersisa setelah terdesak oleh bencana gunung meletus dan arus migrasi para pendatang).

Selain itu, Pulau Sumbawa dihuni oleh penduduk dari Suku Sasak (Lombok) dan Suku Bali (Bali) yang menghuni kawasan transmigrasi di Kab. Dompu dan Kab. Sumbawa.

rombongan haji dari bima dompu sumbwa tempo dulu 1915_5

Penduduk P. Sumbawa dulu (Sumber: Mbojoklopedia com)

penduduk pulau sumbawa

Penduduk P. Sumbawa Sekarang

Tentang Uma-Seo Makambali Dompu-Mantoi

Orang Dompu, tak tinggal di Dompu. Hanya orang biasa, tapi punya cita-cita
Pos ini dipublikasikan di Profil dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s