Di Manakah Dompu Itu?


Kambali Dompu Mantoi – Kabupaten Dompu, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Dompu. Kabupaten Dompu terletak di bagian Tengah Pulau Sumbawa. Wilayahnya seluas 2.321,55 km².

Peta Lokasi Pura Agung TamboraDi Sebelah baratnya terdapat Kabupaten Sumbawa Barat dan Kabupaten Sumbawa yang entah bagaimana ceritanya nama “Sumbawa” tersebut didaulat menjadi nama pulau yang didiami dua rumpun suku yang secara bahasa dan kultur berbeda satu sama lain. Nama pulau Sumbawa sebenarnya tidak memiliki akar historis dan akar kultural apapun sehingga bisa dipakai untuk merepresentasikan dua rumpun suku yang mendiaminya. Di sebelah timurnya terletak Kabupaten Bima dan Kota Bima yang secara pamor, jauh lebih dikenal dari daerah yang lainnya yang ada di pulau Sumbawa.

Dompu terkenal sebagai penghasil susu kuda liar dan madu. Selain itu Dompu juga dikenal sebagai daerah yang kaya akan keragaman genetik hewan penghasil daging misalnya kerbau rawa atau kerbau lumpur (sahe dalam bahasa Mbojo).

pemandangan dompu pom bensin jln lingkar by MF UmaSeo_1000x750 mp

Pemandangan pinggiran Kota Dompu

Setengah dari wilayah Gunung Tambora masuk dalam teritori Kabupaten Dompu. Sehingga tak mengherankan jika empat dari tujuh jalur faforit pendakian puncak tambora berada di Dompu. Di Dompu jugalah terletak Pantai Lakey, surga surfing para pecinta selancar nomor tiga di dunia.

Budaya masyarakat Dompu sangat dekat dengan masyarakat Kabupaten Bima, Meskipun terdapat sedikit perbedaan dari logat bahasanya dan variasi adat istiadatnya. Hampir 100% penduduk asli DOmpu memeluk agama Islam. Kecuali yang masuk ke dalam agama lain yang biasanya akibat perkawinan dengan non-muslim dari luar Dompu.

Secara ekonomi dan pendidikan, Kabupaten Dompu bisa dikatakan daerah tertinggal. Lebih dari 70% dana APBD Kabupaten Dompu masih disubsidi oleh pemerintah pusat. Sedangkan sisanya adalah PAD yang sebagian besar diperoleh melalui restribusi daerah. Sebagai ukuran di bidang pendidikan, menurut Bambang Soekamto, salah seorang pengawas sekolah di lingkup Dinas Pendidikan Kab. Dompu mengatakan bahwa di Kab. Dompu hanya ada satu sekolah yang secara kurikulum, sarana dan prasarananya memenuhi syarat untuk diterapkan kurikulum 2013. Lainnya tidak.

rpa bima_2

Tentang Uma-Seo Makambali Dompu-Mantoi

Orang Dompu, tak tinggal di Dompu. Hanya orang biasa, tapi punya cita-cita
Pos ini dipublikasikan di Profil dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s