Tahukah Anda Mengapa Ada Kandai Satu dan Kandai Dua???


tambora menyapu dunia_mumaseo.wordpress.com

Kambali Dompu Mantoi – Bagi kita yang cukup kritis, pasti akan bertanya-tanya, mengapa ada Kandai Satu dan Kandai Dua? Ini hanya pertanyaan sepele, tapi menemukan jawabannya menurut saya adalah sebuah kepuasan tersendiri bagi seorang historyholic.

Teori yang bisa muncul untuk menjawab pertanyaan di atas yakni, Kandai Dua ada setelah letusan gunung tambora pada tahun 1815. Sebab, setelah letusan gunung tambora wilayah pemukiman kesultanan dompu tertutupi oleh abu vulkanik yang sangat tebal, dalam jangka waktu satu tahun setelahnya debu menutupi langitsehingga cuaca tidak bersahabat untuk pertanian, dan selama tiga tahun tanah di wilayah kesultanan Dompu tidak bisa ditanami. Hal ini memaksa penduduk yang tersisa untuk bertahan hidup dengan mencari wilayah baru yang masih dapat ditanami sehingga mereka akan mencari daerah baru untuk mendirikan perkampungan.

Bukti yang memperkuat teori saya ini adalah bahwa fakta sejarah menyebutkan bahwa Istana kesultanan Dompu telah dipindahkan ke wilayah Kampo Rato, Karijawa. Setidaknya hal ini disebabkan oleh dua hal, pertama karena Istana dan pemukiman bangsawan yang lama telah tertimbun abu vulkanik, dan kedua mereka mencari daerah pertanian baru yang dapat menyediakan lahan pertanian dan sumber air yang dapat menyangga kehidupan mereka. Jadi hal yang sama juga dapat terjadi pada masyarakat Kandai yang juga terkena dampak letusan gunung tambora. Mereka butuh daerah pertanian baru untuk menyambung hidup.

Contoh kasus dapat kita lihat pada kelurahan potu, ketika lingkungan Sori wono terkena banjir bandang beberapa tahuan lalu, warga korban banjir kemudian direlokasi ke daerah baru yang kemudian dinamakan Potu Dua. Nah, tidakkah Kandai Dua juga mengalami hal yang sama dengan Potu Dua??? (uma_seo)

Tentang Uma-Seo Makambali Dompu-Mantoi

Orang Dompu, tak tinggal di Dompu. Hanya orang biasa, tapi punya cita-cita
Pos ini dipublikasikan di Sejarah Dompu dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Tahukah Anda Mengapa Ada Kandai Satu dan Kandai Dua???

  1. Ping balik: Bendera Rasulullah Bendera Negara Khilafah | rusdinsawo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s