FENOMENA AKTIVISME MAHASISWA DOMPU DI MATARAM


demo-dompu

Kambali Dompu Mantoi – Dari sekitar akhir 2008 dan sepanjang tahun 2009 mahasiswa Dompu di Kota Mataram tenggelam dalam euforia aktivisme. Kenapa kami katakan demikian. Hal ini akibat bermunculannya organisasi pergerakan maupun yang bukan yang menyandang nama Dompu di belakang nama organisasi-organisasi tersebut.

Perlu di catat adalah bahwa akhir 2008 adalah momen pelaksanaan Musyawarah Besar (MUBES) himpunan pelajar dan mahsiswa dompu (HPMD), waktu itu mungkin merupakan satu-satunya organisasi mahsiswa milik mahasiswa asal dompu. Mubes ini berakhir ricuh karena perebutan kursi ketua. Diduga ada upaya curang yang dilakukan oleh salah satu kandidat. Akibatnya Mubes HPMD tahun 2008 dead lock, dan organisasi ini vakum selama satu tahun. Tahun 2009, beberapa mahasiswa yang dipelopori mahasiswa asrama (asrama mahasiswa dompu) berusaha memprakrsai kembali berlangsungnya Mubes yang deadlock itu.

Usaha ini berhasil dengan terpilihnya saudara Amirullah sebagai ketua HPMD periode dua tahun ke depan. Walaupun Mubes kali ini diwarnai persaingan yang tak kalah sengit di antara mahasiswa Dompu sendiri, sempat beredar isu bahwa ada keterlibatan Pemda Dompu dalam kemenangan orang ini. Karena menurut mahasiswa, pada saat itu birokrasi pendopo berusaha menguasai mahasiswa (setelah gagal mengambil hati mereka) dengan cara menempatkan “orang” mereka dalam HPMD. Hal ini diduga karena HPMD merupakan representasi dari suara mahasiswa Dompu, maka agar HPMD tidak bersuara lantang terhadap kasus-kasus yang dituduhkankepada Bupati Dompu Syaiful Rahman Salman. Pada saat itu sedang gencarnya tuduhan korupsi yang dialamatkan pada bupati Dompu. Dugaan korupsi ini sampai sekarang masih diselidiki pihak penegak hukum. Pada saat terpilih Amirullah berjani dan menandatangani surat perjanjian yang berisi jika ia tak bisa mengadakan perubahan dalam tubuh HPMD, maka ia siap mengundurkan diri. Tap[I kemudia gerakan HPMD vakum dan tak terdengar kabarnya lagi.

Nah, berawal dari kejadian ini maka sejak saat itu banyak bermunculan organisasi baru oleh mahasiswa Dompu, baika yang konsen dalam masalah pergerakan sosial politik, sampai yang hanya sekedar kumpul-kumpul biasa. Ada beberapa nama organisasi yang kami catat:

  1. GEBPMAD (Gerakan Bersama Mahasiswa Dan Pemuda Dompu) Mataram
  2. HMPD (Himpunan Mahasiswa Peduli Dompu)
  3. NAN MAMPU (Himpunan Mahasiswa Muslim Dompu)
  4. HIMADDO (Himpunan Mahasiswa Donggo Dompu)
  5. IMD (Ikatan Mahasiswa Dompu)
  6. IMAKO (Ikatan Mahasiswa Kilo)
  7. SMPD (Solidaritas Mahasiswa Peduli Dompu)
  8. STRUK
  9. Mungkin masih ada nama yang belum tercatat

Nama-nama itu adalah selain yang sudah ada sebelumnya misalnya HIMA HUNGGARAPA (Himpunan Mahasiswa Hukum Nggahi Rawi Pahu) atau IKMAH (Ikatan Keluarga Mahasiswa Hu’u). Namun, dalam perjalanannya gerakan mahasiswa itu mulai tumbang satu persatu. Misalnya SMPD yang hanya kelihatan ketika terjadi gempa 6,7 SR yang melanda Dompu tahun 2008. kemungkinan faktor bencana itulah yang melatar belakangi kemunculan SMPD. Namun, ada juga yang eksis dan aktif melakukan parlemen jalanan yang menyuarakan pengusutan kasus hukum yang terkait Bupati Dompu. Kelompok ini diwakili oleh GEBPMAD dan HMPD. Selain itu ada juga yang memfokuskan diri pada pembinaan spiritual semacam NAN MAMPU.

Ada beberapa faktor yang kami catat sebagai faktor prnyebab kemunculan organisasi organisasi kemhasiswaan Dompu ini, khususnya di Mataram:

  1. Faktor Melemahnya peran HPMD sejak terpilihnya saudara Amirullah. Hal ini akibat konflik politik dan kepentingan yang dilibatkan ke dalam HPMD. Sehingga banyak mahasiswa dompu yang kecewa, terutama terhadap ketua terpilih karena kehilangan tempat mengaktualisikan diri;
  2. Faktor insidental, misalnya karena terjadinya bencana alam atau kejadian tertentu. Hal ini dicontohkan pada SMPD;
  3. Faktor bermunculannya berbagai kasus hukum di Dompu sendiri, yakni dugaan penyimpangan yang dialamatkan pada bupati Dompu. Hal ini diwakili oleh GEBPMAD dan HMPD, dua organisasi ini eksis dalam menyuarakan pengusutan kasus hukum yang melibatkan Syaiful Rahman;
  4. Keterlibatan mahasiswa dompu dalam organisasi pergerakan nasional, misalnya HMI dan KAMMI, mengakibatkan terjadinya internalisasi ideologi yang dibawa oleh organisasi bersangkutan. Hal ini terlihat pada organisasi semacam NAN MAMPU yang sangat terlihat pengaruh KAMMI-nya, HIMADDO, IMAKO, maupun GEBPMAD sendiri yang turut mendapat pengaruh HMI (MPO);
  5. Konflik internal sesama mahasiswa juga ikut mempengaruhi munculnya berbagai organisasi ini;
  6. Faktor trend, ada sebuah kecenderungan dalam tubuh mahasiswa Dompu untuk latah mengikuti trend yang berkembang. Misalmya STRUK

Nah, sekarang kira-kira siapa yang peduli terhadap kondisi mahasiswa Dompu? HPMD telah jadi korban konflik kepentingan penguasa, sedangkan mahasiswanya terlibat persaingan dan konflik internal yang kurang sehat. Apakah hal yang demikian dapat dijadikan indikator keberhasilah mahasiswa merubah kondisi Dompu ke depannya? Bagaimana mahasiswa Dompu sebagai agen perubahan dapat mengatasi permasalahan Dompu yang segudang jika mereka sendiri belum mampu mengatasi masalah mereka sendiri? Solusinya, mari sama-sama memikirkan penyelesaian dari masalah ini. Wallahu a’lam. [faiz]

Tentang Uma-Seo Makambali Dompu-Mantoi

Orang Dompu, tak tinggal di Dompu. Hanya orang biasa, tapi punya cita-cita
Pos ini dipublikasikan di Opini dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke FENOMENA AKTIVISME MAHASISWA DOMPU DI MATARAM

  1. Supardin Siddik, SH berkata:

    tulisan anda mengenai sumber konflik krn kepengurusan HPMD Tahun 2009 itu salah tetapi dasarnya adalah fakumnya HPMD selama 1 tahun itu bukan kesalahan HPMD 2009,,,,,,,
    HPMD 2009 melaksanakan banyak kegiatan yang semata-mata ingin mengembalikan peran HPMD saya berani berkomentar karena saya selaku Wakil ketua HPMD Mataram Periode 2009-2011,
    salah satu bukti niat baik kepengurusan HPMD Mataram 2009
    1.dengan kunjungan ditiap-tiap rapat Organisasi yang berbasis Dompu membina hubungan Internal, seperti IMAHUNGGARAPA (Ikatan Mahasiswa Hukum Nggahi Rawi Pahu Unram) yang dilebur dari HIMA HUNGGARAPA dikarekan fakum HIMA HUNGGARAPA, rapat membahas permasalah Dompu dgn GEBMAD, ikut serta menjadi pemateri dalam kegiatan pengkaderan HMPD, kerjasama kegiatan aksi dengan Nan Mampu, menjadi pemateri dalam diskusi mengenai pertanian dengan HIMADDO, sekedar klarifikasi IMAKO adalah organisasi Kecamatan dari HPMD N mereka mengakui HPMD yang menaunginya ada juga Organisasi kecamatan yang lain yang berhasil dibentuk oleh HPMD 2009 seperti IPMK (Ikatan Pelajar Mahasiswa Kempo), IMPEDOM (Ikatan Mahasiswa Pekat Dompu) IKMAH (ikatan Mahasiswa Hu’u) serta banyak lg yang lainya.

    2. membina hubungan eksternal dgn organisasi kabupaten atau kota sepulau sumbawa seperti IMBI (Ikatan Mahasiswa Kab. Bima), IMKOBI (Ikatan Mahasiswa Kota Bima), FKPPMS (Forum Komunikasi Pelajar pemuda Mahasiswa Samawa- SUmbawa), HIMASBAR (Himpunan Mahasiswa Sumbawa Barat) dan ikut serta berjuang dalam Pergerakan Pembentukan Provinsi Pulau Sumbawa.

    3. Bersama-sama BEM UNRAM, KAMMI, LMND, BEM NTB RAYA, serta organisasi-organisasi besar lainnya dalam penyikapan aksi, ikut serta aksi dalam masalah dugaan korupsi Bupati Dompu (H. Syaifulrahman Salman, SE) untuk menjelaskan kami tdk berpihak pada pemerintah.

    4. kami juga melakukan kegiatan Lomba Volly Tiap satu Tahun sekali untuk mempererat silaturrahi antar Mahasiswa Dompu Secara keseluruhan tampa dipungut biaya pendaftaran namun hadia pembinaan dgn jumlah 3 Juta tidak tanggung-tanggung juara satu 700 ribu rupiah dan seterusnya.

    saya Supardin Siddik, SH mantan wakil ketua HPMD Mataram Periode 2009 hanya ingin mengklarifikasi program dan Kegiatan kami bisa hubungi saya di No Hp 081918423771 untuk lebih jelas agar tidak menjadi fitnah atas pemberitaan anda di Dunia Maya ini,,,,,,,,
    demikian penjelasan sikat saya terimakasi dan mohon dimaklumi atas kekurangan kami,,,,,,,.
    wasalam.

  2. terima kasih atas klarifikasinya, , ,
    saya juga pernah didaulat sbg staf di kepengurusan 2009. tapi saya tidak pernah mendapatkan kabar tentang keikutsertaan saya itu. padahal beberapa kali saya konfirmasi kpd ketuanya dan sempat sy kasih no. hp. tapi setelah itu tak ada kabar. jangan salahkan saya kalau saya menyimpulkan bahwa:
    HPMD hanya utk anak asrama (sama seperti pertandingan voli [kalo tak salah thn 2010] yang tak tahu kabarnya itu, saya banyak mendengar desas-desus dri banyak mhswa dompu saat itu bhwa lomba itu didominasi kalangan sendiri). saya bkn bermaksud memfitnah, akan tapi itulah yg sy lihat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s